Berkhidmat Kepada Umat Berbakti Kepada Negeri, Memacu Kinerja, Mengawal Kemenangan Indonesia

Minggu, 30 September 2018

Silatda KPNU Kabupaten Mojokerto 2018






Hari ini Ahad, 30 September 2018 ribuan kader NU kabupaten Mojokerto berkumpul dalam rangka Silaturrahmi Daerah kader penggerak Nahdlatul Ulama kabupaten Mojokerto. Acara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Mojokerto 2018-2023 yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 6 Oktober 2018 di kantor PCNU kabupaten Mojokerto.
Silaturrahmi yang dimulai pada pukul 09.20 ini dihadiri oleh 1.200 kader NU dari 18 kecamatan di kabupaten Mojokerto serta para pengurus PCNU Mojokerto. Sebelum dimulainya acara, terlebih dahulu dibacakan yel yel PKPNU. Semua hadirin berdiri dan mengikuti yel yel dengan semangat luar biasa sambil mengepalkan tangan kanan.
Rencananya kegiatan ini akan dihadiri oleh Rais syuriah PWNU Jawa Timur, KH Anwar Manshur dan KH. Anwar Iskandar. Beliau akan memberikan taushiyah pemantapan , pembaiatan dan ijazah kubro kepada kader NU kabupaten Mojokerto.
Sambutan pertama atas nama panitia dilanjutkan oleh KH Irfan Arif selaku ketua PCNU kab. Mojokerto. Selanjutnya sambutan testimoni dari MWCNU Ngoro, Jatirejo dan Sooko. Ketiga MWCNU ini dinilai mempunyai keberhasilan menuju kemandirian NU setelah melaksanakan PKPNU.
Selanjutnya instruktur PKPNU Jatim didaulat untuk memberikan sambutan. Yang pertama menyampaikan adalah H Khoiri. Beliau mengatakan bahwa mencari pemimpin NU harus mempunyai tiga syarat. Yaitu mempunyai ilmu, keberanian dan kekayaan. Hal ini penting agar NU tidak dimanfaatkan untuk lahan mencari harta demi kepentingan pribadi.
Sambutan kedua disampaikan oleh DR Rubaidi yang baru saja pulang dari PBNU di Jakarta. Beliau memaparkan manfaat dan pemantapan pendidikan kader NU. Pada saat terjadi gempa Lombok, NU Jawa Timur yang digerakkan oleh kader dapat menyumbang 5,5 milyar. Kader NU di Jatim saat ini telah mencapai 100 ribu orang dari 879 angkatan PKPNU. Beliau mengatakan NU mempunyai ciri khas yang beda dengan ormas lain, yaitu :
1. Sanad keilmuan. Aqidah, tasawuf dan fiqih yang semuanya itu tercover dalam Tradisi NU.
2. Sanad perjuangan, ruhnya NU. Kenapa kemudian harus ikut pkpnu, urunan. Itu contoh Pengabdian santri kpd kyai. Pengabdian tanpa batas santri kepada NU dan kyai. Ini kemudian yang melahirkan tokoh2 besar di Indonesia.
3. Sanad keturunan. Nasab kyai NU sdh jelas sebagai penerus aqidah ahlussunh wal jamaah yang bersambung kepada Rosululloh Saw.
Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan taushiyah pemantapan aswaja dari KH Anwar Iskandar, wakil Rais Syuriah PWNU Jawa Timur. Beliau mengingatkan pentingnya menyadari tujuan berdirinya NU. NU berdiri untuk memberi kemaslahatan. Ini prinsip dasar yang harus selalu dipegang
Maslahat yang dimaksud adalah maslahat domestik dan maslahat internasional.
1. Maslahat yang Bersifat domestik/ dakhiliyah. Yaitu memberi kebaikan untuk NU itu sendiri dan NKRI secara luas. Disini NU mempunyai peran besar :
A. NU menjadi jaminan ajaran aswaja annahdliyah harus tetap lestari di indonesia
B. NU menjadi bagian penting dalam penguatan eksistensi NKRI, menerima pancasila, mengakui Bhinneka Tunggal Ika, dll. Ini adalah jariyah ulama NU.
C. NU menjadi jaminan umat/rakyat untuk mencapai baldatun toyyibatun warobbun ghofur, membawa umat sejahtera lahir  dan batin.

2. Maslahat Bersifat internasional untuk perdamaian dunia. Menjaga perdamaian kebangsaan, ukhuwah wathoniyah dan basyariyah. Saat ini Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim menjadi model percontohan sebuah negara yang berhasil mewujudkan kedamaian di tengah kemajemukan. Hal ini dapat terwujud karena muslim terbesarnya adalah warga NU yang sejak negara Indonesia belum lahirpun, nilai nilai luhur kebangsaan sudah ditanamkan oleh para auliya. Dunia eropa memandang kepemimpinan negara negara muslim di Timur Tengah sudah mencapai titik nadir yg mengkhawatirkan menuju kehancuran. Devisa negara semakin menipis karena habis percuma untuk membiayai perang. Ironisnya untuk menghancurkan sesama muslim yang berbeda faham dan politik. Disinilah peran NU sangat dinantikan untuk memberikan andil besar dalam usaha menciptakan perdamaian dunia.
Tidak ada guna perkumpulan jamiyah kalau tdk dapat memberikan 3 manfaat.
1. Menggerakkan kegiatan ekonomi,
2. menegakkan kebaikan bagi bangsa.
3. Mendamaikan dunia.

Program, tujuan, gerakan NU itu baik.  Maka perlu ditata dg baik. Agar tdk menjadi buih yang jumlahnya banyak tapi mudah dihempaskan ombak. Umatnya banyak tetapi hanya akan dimanfaatkan atau dinikmati oleh kepentingan lain. Sebagaimana dawuh imam Ali r.a, alhaqqu bila nidhomin sayaghlibuhul bathilu binidhomin. Kebenaran yang tidak ditata dengan baik, akan dapat dikalahkan oleh barang bathil yang terorganisir.
Dalam penentuan program NU mempunyai prinsip almuhafadotu alal qodimis sholih wal akhdzu biljadidil ashlah.
Tujuan utama/ al maqosid tetap dapat, inofasi/ wasaid dapat berkembang. NU harus ditata dg ikhlas, bersatu, saling sayang menyayangi dan waspada terhadap tantangan serta ancaman.
Memasuki pukul 12.30 peserta silatda diberikan waktu untuk istirahat, sholat dzuhur dan makan siang. Jam satu siang peserta harus berkumpul kembali untuk melakukan sidang komisi. Komisi Aswaja annahdliyah bertempat di depan panggung, komisi kemandirian di lantai 2 kantor PCNU dan komisi koin NU bertempat di lantai 2 aula pesantren Al Amin. Sekitar satu jam para peserta silatda mendapatkan arahan, bimbingan dan petunjuk dari nara sumber yang kompeten di bidangnya untuk mengembangkan kemandirian di MWCNU masing masing.
Setelah itu peserta kembali berkumpul di arena silatda untuk menerima ijazah kubro dari Rais PWNU Jawa Timur, KH Anwar Manshur. Hizib yang diijazahkan beliau yaitu hizib imam Nawawi, hizib Nashor, hizib Ibnu Alwan dan Hizib Autad.
Sebelum acara ditutup, KH Anwar Manshur juga membaiat kembali kader PKPNU dan memberikan pembekalan aswaja. Acara silatda kemudian ditutup dengan doa dan selesai pada pukul 15.40. (Agus Santoso)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Allahumma Sholi Ala Syaidina Muhammad#mochshodiqfuullmumpunihandayayekti Rungkut Surabaya .

    Semoga Keluarga Kita Sehat Semua Di Jauhkan Dari Penyakit
    Aamiin

    BalasHapus