Berkhidmat Kepada Umat Berbakti Kepada Negeri, Memacu Kinerja, Mengawal Kemenangan Indonesia

Selasa, 21 Februari 2017

Keberkahan Guru dan Orang Tua



MERAIH BARAKAH DENGAN BERKHIDMAH
KEPADA GURU dan KEDUA ORANG TUA

1.      
Kata Imam Syamsuddin al-Sakhawi, Barakah adalah
الْمُرَادُ بِالْبَرَكَةِ النُّمُوُّ وَالزِّيَادَةُ مِنَ الْـخَيْرِ وَالْكَرَمَةِ.(القول البداع في الصلاة على الحبيب الشفيع, 91 )
“yang dimaksud dengna barakah adalah berkembang dan bertambahnya kebaikan dan kemuliaan.” (Al-Qawl al-Badi’ fi al-Shalah ‘ala al-Habib al-Syafi’, 91)
Barakah kebaikan dalam harta adalah ketika bertambah banyak dan digunakan dalam kebaikan. Barakah dalam keluarga adalah ketika anggota keluarga bertambah banyak dan berakhlak mulia. Barakah dalam waktu adalah lamanya masa dan terselesaikan semua urusan dalam masa yang ada. Barakah dalam kesehatan adalah sempurnanya. Barakah dalam umur adalah panjang usia dan beramal baik dalam rentang usia yang panjang tersebut. Barakah dalam ilmu adalah ketika ilmu kita semakin bertambah banyak dan diamalkan serta bermanfaat untuk orang banyak. Jadi barakah itu adalah Jawami’ al Khair (pundi-pundi kebaikan) dan banyaknya nikmat yang diperoleh dari Allah SWT.
            Dari penjelasan ini dipahami bahwa makna Tabarruk adalah:
طَالِبُ زِيَادَةِ الْخَيْرِ مِنَ اللهِ تَعَالى
“Meminta tambahan kebaikan dari Allah SWT”.
قَالَ اَبُو يُوْسُف سَمِعْتُ السَّلَف يَقُوْلُوْنَ مَنْ لَا يَعْتَقِد جَلَالَة اُسْتَاذه لَا يُفْلِح. (اداب العلم والمتعلم, 30 )
“Kata abu yusuf, aku mendengar ulama salaf berkata: barang siapa yang tidak meyakini kemuliaan gurunya dia tidak akan menjadi orang yang beruntung.” (Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, hal 30).

2.     وقال الإمام الحسن البصري رحمة الله عليه في قوله تعالى: (رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً) (البقرة:201) إن الحسنة في الدنيا هي العلم والعبادة, وفي الآخرة هي الجنة (المنهج السوي, ص 90)
Berkata Imam Hasan Bashri di dalam menafsirkan ayat 201 al-baqarah yang artinya ya tuhan kami anugerahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Yang dimaksud dengan kebaikan di dunia ialah ilmu dan ibadah, sedangkan arti kebaikan di akhirat ialah surga. (al-Manhaju al-Sawi, hal 90)
3.     قال الإمام النووي رحمه الله: ينبغي للمتعلم أن يتواضع لمعلمه ويتأدب معه وإن كان أصغر منه سِنّاً وأقلَّ شُهرةً ونسباً وصلاحاً, فبِتوا  ضُعِهِ يدرك العلم. (المنهج السوي, ص 217)
Berkata Imam Nawawi Rahimahullah seyogyanya bagi seorang pembelajar itu bersikap sopan dan santun kepada gurunya, walaupun Sang guru itu lebih muda umurnya dan lebih rendah popularitas, nasab, dan kebaikannya. Hanya dengan sikap sopan tersebut seorang pembelajar akan memdapatkan ilmu. (Al-Mahaj al-Sawi, hal 217)
4.     قال الحبيب زين بن سميط آباؤك ثلاثة: أبوك الذي ولدك, والذي زوجك ابنته, والذي علمك, وهو أفضلهم. (المنهج السوي, ص 218)
Habib zein bin sumait mengutip sebuah ungkapan yang artinya “Bapakmu itu ada tiga. satu, bapak yang menyebabkan kelahiranmu. Dua, mertuamu. Tiga, gurumu. Dia yang paling mulia.” (Al-Mahaj al-Sawi, hal 218)
اقدم استاذي على بر ولدي            وإن كان لي من والدي البر والعطف
فهذا مربي الروح, والروح جوهر   وهذا مربي الجسم وهو لـها صدف
Aku mendahulukan guruku daripada ayahku didalam berbakti, walaupun dari ayahku aku mendapatkan kebaikan dan kasih sayang.
Guru adalah pembimbing rohaniku sedangkan rohani itu merupakan inti. Ayahku merupakan pembimbing fisikku, sedangkan ia merupakan wadah.
5.     وكان أبو حنيفة رضي الله عنه يقول: ما صليت صلاة منذ مات حماد-يعني شيخه-إلا استغفرت له مع والدي, وإني لأستغفر لمن تعلمت منه علما أو علمته (المنهج السوي, ص 219)
Abu hanifah berkata: setiap aku shalat sejak wafatnya guruku syeikh Hammad aku selalu membaca istighfar untuk beliau dan untuk orang tuaku, aku selalu membaca istighfar untuk guruku dan muridku. (Al-Mahaj al-Sawi, hal 219)
6.     وكان الامام الشعراني رحمه الله إذا خرج للدرس ليقرأ على شيخه يتصدق عنه في الطريق بما تيسر, ويقول: اللهم استر عني عيب معلمي حتى لا تقع عيني له على نقيصة ولا يبلغني ذلك عنه أحد. (المنهج السوي, ص 220)
Imam sya’rani ketika akan berangkat belajar kepada gurunya, beliau selalu bersedekah semampunya di jalan tempat dia berlalu, sembari berdo’a: “Ya Allah, Jangan perlihatkan kepadaku kelemahan guruku agar mataku tidak melihat pada kekurangannya dan jangan sampai ada seorangpun yang memberitahu tentang cela guruku tersebut.” (Al-Mahaj al-Sawi, hal 220)
7.           وقال رجل للجنيد: أي العلم أنفع؟ قال: ما دلك على الله تعالى وأبعدك عن نفسك (المنهج السوي, ص 244)
Seseorang bertanya kepada Imam Junaid, ilmu apa yang paling bermanfaat. Beliau menjawab ialah ilmu yang menuntun kamu kepada Allah dan menjauhkanmu dari kendali hawa nafsu. (Al-Mahaj al-Sawi, hal 244)
8.     عَنْ أَبِى بَكْرَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ كُلُّ الذُّنُوْبِ يُئَخِّرُ اللهُ تَعَالَى مَاشَاءَ مِنْهَا اِلاَّ عُقُوْقُ الْوَالِدَيْنِ فَإِنَّ اللهَ تَعَالَى يُعَجِّلَهُ لِصَاحِبِهِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا قَبْلَ الْمَمَاتِ
Diriwayatkan dari Abu Bakrah Ra dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda: “Setiap dosa akan Allah tangguhkan (hukumannya) sesuai dengan kehendak-Nya, kecuali (dosa karena) durhaka kepada kedua orang tua. Sesungguhnya Allah SWT akan menyegerakan hukuman perbuatan itu kepada pelakunya di dunia ini sebelum dia meninggal.”
9.     مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُّمَدَّ لَهُ فِي عُمْرِهِ وَيُوَسَّعُ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُدْفَعَ عَنْهَ مِيتَةُ السُّوءَ فَلْيَتَّقِ اللهِ وَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
“Barang siapa ingin usianya dipanjangkan, rizkinya dilapangkan, dan dihindarkan dari kematian yang buruk, hendaklah dia bertaqwa kepada Allah dan membina hubungan silaturrahim.” (Musnad Ahmad, Juz 3, hal 156, hadits no. 1150)
10.          ثلاثة لا يستخف بحقهم  الا منافق ذوالشيبة في الاسلام والامام المقسط ومعلم الخير. (رواه أبو الشيخ في التوبيخ) (جامع بيان العلم وفضله, ص 135)
Nabi SAW bersabda: ada tiga orang yang tidak meremehkan kepada mereka kecuali orang munafik. Orang islam yang lanjut usia, pemimpin yang adil, dan para guru. (HR. Abu Syeikh).
11.          قال الشيخ هاشم أشعري فقد قيل أربعة لايأنف الشريف منهن وان كان اميرا, قيامه من مجلس لأبيه, وخدمته لعالم يتعلم منه, والسؤال عما لايعلم, وخدمته لضيفه (اداب العالم والمتعلم, ص 40-41)
Kata KH. Hasyim Asy’ari: dikatakan bahwa ada empat perkara yang selalu dilakukan oleh orang yang mulia walaupun dia menjadi raja. Satu, berdiri dari tempat duduknya karena menghormat orang tuanya. Dua, melayani gurunya. Tiga, bertanya tentang sesuatu yang tidak diketahui. Empat, melayani tamunya. (Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim, hal. 40-41)
12.          قال الشيخ عبد القادر الجيلاني وأما آدابه مع الشيخ, فالواجب عليه ترك مخالفة شيخه في الظاهر, وترك الاعتراض عليه في الباطن, فصاحب العصيان بظاهره تارك لأدبه. (الغنية, ص 164)
Kata Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani: adapun tatakrama terhadap guru ialah seorang murid wajib tidak bertolakbelakang secara lahiriyah, dan tidak menentang didalam hatinya. Orang yang membangkang secara lahiriyah, berarti ia tidak berlaku sopan kepada gurunya. (Al-Ghunyah, hal 164).
13.          قال الشيخ عبد القادر الجيلاني ومن آداب المريد: أن لا يتكلم بين يدي شيخه ألا في حالة الضرورة, وان لا يظهر شيء من مناقب نفسه بين يديه, اِلَى اَنْ قَالَ.... ويحذر مخالفته جدا, لأن مخالفة الشيوخ سم قاتل فيها مضرة عامة, فلا يخالفه بتصريح ولا بتأويل (الغنية, ص 167-168)
Kata Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani: diantara tata karma murid kepada guru, jangan berbicara dihadapan gurunya kecuali diperlukan. Dan jangan menceritakan sesuatu tentang kebaikan dirinya dihadapan guru. Hindarilah menentang guru, karena sesungguhnya perbuatan tersebut bagiakan racun yang mematikan yang sangat besar bahayanya, janganlah bertolak belakang dengan guru baik secara terbuka atau tertutup. (Al-Gunyah, hal 167-168).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar